ARTIKEL

7 Cara Asik Mengisi Ramadan Selama Karantina

Semua umat muslim pasti sangat bahagia menyambut bulan mulia, Ramadan. Setiap tahunnya kita selalu berharap dapat berjumpa dengan bulan keberkahan ini. Bulan di mana Allah SWT membuka pintu ampunan seluas-luasnya, serta melipatgandakan pahala amal kebaikan. Tapi ada yang berbeda di Ramadan tahun ini. Itu karena kita berada pada masa karantina yang disebabkan oleh pandemi virus Korona.

Tentu saja kita merasa sedih dengan keadaan ini. Maka untuk memutus mata rantai penyebaran, kita harus dengan kesadaran mematuhi segala peraturan dan himbauan yang dibuat oleh pemerintah. Salah satunya adalah tetap berada di rumah. Berada di rumah dalam waktu yang lama memang bukan hal yang mudah. Terlebih jika kita masih harus bekerja mencari nafkah. Belum lagi bagi kita yang memang senang berkegiatan di luar. Berada di rumah pastilah membuat bosan dan mati gaya.

Saya pribadi adalah kaum rebahan yang justru merasa sangat bahagia berada di rumah. Mau tahu cara asik saya menjalani Ramadan selama karantina? Yuk, disimak! Semoga bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman semua.

 

Rajut kedekatan dengan Sang Pencipta

Kita harus imani bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita tentunya atas izin Allah SWT, dan tidaklah Allah SWT menciptakan sesuatu itu sia-sia. Maka yakinilah adanya hikmah luar biasa di balik kejadian besar ini. Saat Allah seperti ‘mengharuskan’ kita berada di dalam rumah, di mana kita jadi memiliki waktu lebih luang, itulah saatnya kita lebih mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Cobalah kita menepi sejenak dari hingar bingar kehidupan, lalu menakar dosa-dosa yang telah kita lakukan. Betapa seringnya kita melalaikan perintah, dan bermaksiat pada Allah. Betapa jarangnya kita menghadirkan Allah dalam napas kehidupan dan justru hanyut dalam dunia yang fana. Maka mari memohon ampun, memperbaiki, serta meningkatkan amal ibadah. Agar terajut kedekatan, agar bersemi cinta kita pada Sang Pencipta.

 

Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri

Jika biasanya kita sibuk dalam rutinitas kegiatan harian yang menghabiskan waktu, sehingga kita tidak sempat mempelajari hal-hal baru untuk mengembangkan serta meningkatkan kemampuan diri. Padahal upgrade ilmu itu penting sekali, lho. Baik untuk kepentingan pekerjaan maupun passion kita. Maka momen di rumah aja ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan itu semua.

Bersyukurlah kita hidup di masa ini, di mana teknologi semakin berkembang pesat sehingga memudahkan kita melakukan banyak hal, termasuk mengenai cara belajar. Kita tentu sudah tidak asing dengan berbagai kelas online yang makin marak. Terlebih di masa karantina ini, berbagai kegiatan seperti seminar, talkshow, dan sebagainya jadi dialihkan melalui cara online.

Beberapa kelas yang telah dan akan saya ikuti selama masa karantina ini di antaranya:

1. Kelas branding media sosial dan membuat konten bersama WrC (Writing Challenge)
2. Kelas WrC Scale Up Website bersama Endo Putra, Founder Takaitu.id dan Sahabat Hosting
3. Kelas belajar artikel bersama Irwan Kelana, Redaktur senior REPUBLIKA.
4. Kelas menulis Review Keren bersama Widyanti Yuliandari, Ketua komunitas Ibu-ibu doyan nulis (IIDN).
5. Konten Marketing dan Copywriting bersama GAPURA DIGITAL VIRTUAL CLASS dari Google.
Dan banyak lagi kelas-kelas lainnya baik yang berbayar ataupun gratis. Tinggal kita cari yang sesuai dengan minat kita.

 

Mendalami hobi dan passion

Menjadi dewasa dan tenggelam dalam rutinitas harian kadang tidak menyisakan ruang untuk kita melakukan apalagi menekuni hobi serta passion kita. Coba tanyakan pada diri kita, apa sebetulnya hobi serta passion kita? Berapa banyak waktu yang bisa dan sudah kita luangkan untuk melakukannya?. Sebagian yang beruntung mungkin punya waktu khusus untuk melakukannya. Tapi sebagian yang lain, yang karena tuntutan hidup jadi harus bekerja atau belajar lebih keras, terkadang tak ada waktu untuk memikirkan urusan hobi.

Membaca, menulis, merajut, memotret, menggambar, bercocok tanam, nonton film, nonton drama korea, berolahraga, memasak, membuat kue, dan lainnya. Apapun hobimu, tentu sangat menyenangkan jika kita bisa meluangkan waktu untuk melakukannya.
Maka masa karantina selama bulan Ramadan ini jadi waktu yang tepat untuk kita kembali melakukan dan mendalami hobi serta passion kita.

 

Mempelajari hal-hal dasar

Kalau dulu masih lekat citra bahwa seorang wanita harus pintar memasak dan mengurus rumah. Tapi saat ini hal tersebut mungkin sudah tidak lagi menjadi poin utama penilaian seorang lelaki ketika memilih pasangan hidup. Meski begitu, tentunya kita sebagai wanita tidak mau dong, hanya bisa memasak air dan mie instan?. Beda cerita kalau kita menjadi istri Sultan atau menantu konglomerat macam Nia Ramadani. Mungkin akan dimaklumi kalaupun kita tidak bisa mengupas buah Salak. Hehe …

Maka manfaatkanlah momen karantina ini untuk mempelajari hal-hal dasar yang harus dikuasai oleh wanita. Turunlah ke dapur membantu Ibu memasak dan membereskan rumah. Setidaknya kita bisa belajar membedakan beberapa bumbu dasar, bisa mengepel lantai, mencuci piring, menjahit baju yang sobek, dan sebagainya.

 

Quality time bersama keluarga

Siapa yang tidak tahu adiknya sekarang sudah kelas atau semeseter berapa? Siapa yang tidak tahu nama teman sebangku adik atau anak kita?
Kalau kamu begitu, maka inilah saatnya menghabiskan waktu lebih banyak dan berkualitas bersama keluarga tersayang. Cobalah untuk nonton acara bersama. Makan bersama dan mengobrol banyak hal. Menemani adik atau anak kita bermain. Membereskan kamar tidur bersama. Membantu Ibu memasak menu berbuka. Dan hal-hal menyenangkan lainnya yang sulit kita lakukan saat kita maih sibuk dengan rutinitas harian.

Percayalah, semua ini akan jadi kenangan indah saat kita lanjut usia kelak.

 

Belajar bisnis dan membantu sesama

Tidak bisa dipungkiri, karantina wilayah sedikit banyak berengaruh pada perekonomian keluarga kita. Pendapatan berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali, sementara kebutuhan semakin membengkak. Inilah saatnya kita mulai belajar bisnis.

Bagaimana cara memulainya?
Mudah saja. Mulailah dengan apa yang kamu miliki atau kamu bisa. Kalau kamu hobi memasak, baik itu makanan ataupun kue-kue, kamu bisa mulai menawarkan melalui online di grup keluarga, grup RT, grup alumni, dan sebagainya.

Atau kamu bisa melihat sekitar. Barangkali tetanggamu ada yang biasa membuat kue lebaran. Menjual berbagai kebutuhan dan produk lainnya. Kamu bisa mengajukan kerjasama untuk ikut memasarkannya. Mereka pasti dengan senang hati menerimanya. Semakin banyak yang memasarkan, semakin besar peluang untuk terjadinya penjualan.

 

Me time dengan cara memanjakan dan merawat diri

Salah satu hal yang sangat sulit dilakukan di tengah kesibukan saya bekerja adalah Me time. Padahal Me time merupakan hal yang penting demi menjaga kewarasan jiwa raga di tengah segala aktivitas. Tidak perlu muluk-muluk. Bisa merawat rambut dan tubuh dengan nyaman saja sudah merupakan me time yang mewah bagi saya. Maka selama karantina di rumah ini merupakan waktu yang tepat untuk Me time.

Saya mau cerita produk perawatan rambut yang sedang saya gunakan dan jadi favorit banget.

Apa itu? Apa lagi kalau bukan EMERON Complete Hair Care.

 

Produk hair care favorit saya

Sampo yang saya pakai adalah Emeron Hijab Nutritive Shampoo Clean and Fresh. Varian ini cocok sekali untuk muslimah berhijab. Apalagi saya yang lokasi kerjanya di dalam lingkungan pabrik yang berada di pesisir laut. Belum lagi setiap hari harus naik turun kendaraan umum. Kebayang kan, gerah dan panasnya seperti apa?

Apa sih yang bikin varian ini tuh jadi favorit saya? Tentu aja kandungannya yang sangat bagus dan cocok untuk muslimah berhijab seperti saya.

 

Emeron Hijab Nutritive Shampoo Clean and Fresh mengandung Tea Tree Oil & Mint yang menyegarkan sekaligus mengurangi rambut rontok. Selain itu juga ada Active Provit Amino, yang dapat menutrisi rambut yang ditutupi hijab. Rambut saya tetap segar dan tidak bau apek meskipun tertutup hijab seharian dan bekerja di lingkungan yang panas.

 


Selain sampo, saya juga menggunakan Emeron Nutritive Conditioner Soft & Smooth serta Emerson Hair Vitamin Soft & Smooth.

Kenapa saya gunakan varian soft & smooth? Karena saya ingin rambut yang lebih lembut dan mudah diatur. Meskipun mengenakan hijab, saya mau perawatan yang maskimal untuk rambut saya. Dan memang setelah saya menggunakan produk ini beberapa kali, rambut terasa lebih lembut dan mudah diatur. Hal lainnya yang saya suka sekali adalah wanginya yang super enak banget. Manis dan menenangkan.

Emeron Soft & Smooth ini formulanya sudah disempurnakan dengan teknologi Jepang. Active Provit Amino dan diperkaya oleh bahan alami dari Sunflower atau Bunga Matahari, yang memberikan nutrisi dan melembabkan rambut mulai dari akar. Keren banget kan? Dan tentu saja, Emeron yang sudah saya kenal sejak masih kecil ini harganya terjangkau.

Apa sih pentingnya merawat rambut?

Bagi saya, poin penting melakukan perawatan rambut adalah demi kebersihan dan kenyamanan. Rambut yang bersih, tidak berketombe, tidak mudah rontok, serta memberikan rasa nyaman, tentunya sangat membantu saya dalam beraktivitas. Baik itu untuk urusan pekerjaan, bisnis, hobi, dan kegiatan lainnya. Serta tentu saja kenyamanan itu membuat saya bisa berpikiran positif dalam segala situasi. Itulah mengapa meskipun berhijab, saya tidak mau menyepelekan perihal perawatan rambut.

Kalau teman-teman mau tahu tips dan info mengenai perawatan rambut, serta berbagai hal menarik lainnya, silakan berkunjung ke website Emeron ini. Jangan lupa juga ikuti berbagai media sosial Emeron. Dijamin deh pasti akan menambah wawasan teman-teman.

 

Itu tadi 7 cara asik mengisi Ramadan selama karantina yang bisa kita lakukan. Kita tentu saja berharap musibah ini segera berlalu dan keadaan kembali normal. Maka untuk sementara ini, marilah menahan diri serta keinginan untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Ini adalah ikhtiar kita untuk memutus rantai penyebaran virus Korona. Mari perbanyak ibadah dan berdoa pada Allah SWT. Semoga di bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan ini, Allah segera memusnahkan virus Korona dari muka bumi.

#DirumahAja #DengarkanHatimu

 

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

43 Komentar

  1. Dessy Suharti says:

    MaaSyaa Allah tabarakallah, inspiratif sekalu tulisannya
    #salampedascadas

    1. Alhamdulillah 😇
      Terimakasih Akak Isyana 😍

  2. Suka banget sama poin terakhir, memanjakan diri, merawat diri sambil me time. Apalagi pakai yang wangi-wangi kayak emeron, pasti langsung kembali fresh dan ceria. Saya kangen bisa berlama-lama mandi di kamar mandi tanpa diteriakan bocilita, hehehe.

    1. Kebayang riwehnya kalo udah punya bocalita yah hehe
      Saya aja yang belum punya, jarang ada waktu buat me time huhu

  3. Ternyata banyak cara asyik ya mbak, terimakasih buat ulasannya. Noted banget buat saya Alhamdulillah

    1. Kembali kasih
      Semoga bermanfaat

  4. Saya juga termasuk kaum rebahan mbak, apalagi pas social distancing gini maunya tiduran mulu sambil pentengi hape.

    Kebetulan pas Puasa jadi cocok sambil menghemat energi hehe

    1. Wahh ketemu temen segeng hehehe
      Emang rebahan itu kenikmatan haqiqi

  5. Wow daftar kelas yg diikutin keren-keren nih. Ya, setuju saya juga harus banyak belajar biar serba bisa. Mengingat kalo saya pun bukan anak sultan atau jadi mantu org tajir kyk Nia Ramadhani. Setidaknya saya bisa kupas salak sendiri, he, he.

    1. Hihi lumayan Mbak
      Saya suka penasaran dan belajar hal-hal baru

      Nah eta,
      untung saya juga bisa kupas salak wkwkwk

  6. Wah betul sekali Mbak, segala sesuatu itu harus diambil sisi positifnya, termasuk pada masa physical distancing ini. Makasih inspirasinya Mbak, ternyata banyak hal seru yang bisa kita kerjakan di rumah ya. Wah rajin banget Mbak ikutan banyak kelas online, mangats terus ya Mbak 🙂

    1. Betul Mbak
      Kita ambil sisi positif dari kejadian ini dan laukan hal-hal beramnfaat yang pastinya menyenangkan

      Hehe aku seneng belaja banyak hal baru

  7. varian sunflower ya? bikin seger banget keliatan dari kemasannya

    1. Mengandung sunflower dan wanginya tuh super enak banget

  8. Isti says:

    Aku juga ada digeng rebahan Mbak. Pandemi kek gini pinginnya baringan mulu

    1. Aseekk
      Satu geng kita
      Toss dulu wkwkwk

  9. Aduh, nggak berlaku buatku itu, karantina karantina itu…
    Aku masih aktivitas seperti biasa, ke kantor.. *tapi nggak kelayapan kemana-mana sih…
    Yang karantina di rumah, punya banyak kesempatan untuk mengembangkan diri. Manfaatkaaannnn!

    1. Aku juga masih kerja huhu
      Sungguh bahagia yg bisa di rumah aja atau work from home
      Manfaatkanlah sebaok-baiknya

  10. Harus banyakin me time pas di rumah aja ini ya mbak. Asyik banget nih kalau me timenya bareng perawatan rambut emeron. Shamponya wangi pula.

    1. Iyes Akak
      Wanginya enak banget, bikin rileks dan nyaman

  11. Aku juga lebih sering metime sejak #dirumahaja. Biasanya kan gak sempat, sekarang malah sering buat membunuh waktu wkwkwk

  12. Saya paling suka dengan poin “Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri”. Yes, inilah saatnya yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Daripada bete di rumah lebih baik kita manfaatkan untuk itu. Agar, saat pandemi ini berakhir, kita telah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

    1. Sepakatt
      Semoga habis inikita menjadi manusia yang lebh baik dan bermanfaat lebih luas
      Aamiin

  13. setuju banget mba Ramadan waktunya tafakur segalah hal. sekarang seneng karena tafakurnya bisa bareng suami sendiri. alhamdulillah banyak hikmahnya masa karantina ini 🙂

    1. Alhamdulillah ya Mbak
      Makin banyak waktu tafakur
      Semoga bisa jadi pribadi yang lebih baik

  14. Sejak ada anjuran #Dirumahsaja, saya lebihs ering membaca, lebih dekat sama anak-anak, main bersama, masak banyak dan pasti habis. Nikmati apa yang sudah Allah gariskan untuk dilalui, biar nggak stress.

    1. Betul Mbak Wiwid
      Kita syukuri saja dan ambil sisi positifnya
      Tetap lakukan hal baik dan menyenangkan

  15. Wew. Kangen Sama yg namanya emeron. Dulu wkt kecil, itu shampoo favoritku. Skrg kok kayak dah enggak ada lagi ya Mbak. Itu dapatnya Di mana Mbak? emg byk aktivitas yg dpt kita lakukan Salah satunya merawat diri.

    1. Di indomart ada Mbak
      Cuma yang hijab itu saya dapat di Dan Dan

      Iyass
      Kalo biasanya mandiaja buru-buru wkwkwk

  16. Oke banget mba kelas-kelas yang mba ikuti selama masa karantina. Cara-caranya benar banget mba biar tetap feel positive di masa pandemi ini. Sayapun suka pakai Emeron Hijab

    1. Alhamdulillah Mbak
      Saya kebetulan seneng belajar hal-ha baru hehe

  17. Hai, Mbak Ratu Kemala. Blognya cantik dan baru, nih. Selama pandemi banyak juga ya training online yang diikuti. Good job.

    Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi Ramadan. 7 hal di atas semuanya positif. Semua pasti berharap pandemi segera berlalu dan Kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala.

    1. Hai Mbak Lia, mentorku di kelas WrC Scale up artikel
      Berkat Mbak Lia, saya jadi belajar banyak mengenai menulis artikel. Salah satu hasilnya adalah artikel ini.
      Terimakasih banyak atas ilmunya

  18. untuk masa karantina seperti sekarang ini apalagi di saat puasa ramadhan memang paling pas untuk melakukan banyak hal positif seperti diatas tadi ya mba

    1. Iyes Mbak Grandy
      Terus lakukan hal baik dan positif yess

  19. Mengingatkan kemampuan diri memang wajib adanya apalagi dikala Kita sedang banyak waktu dirumah kayak gini, semoga saja pandemi ini segera berakhir ya mba

    1. Aamiinn ya robbal’alamiin 😇🤲
      Di rumah aja sambil upgrade diri yess

  20. Damar Aisyah says:

    Yeay!! AKu pakek Emeron juga tapi yang item yak. Udah dari jaman masih kecil pakek sampo ini, Bedanya kalau sekarang pakai vitamin rambut dan conditionernya juga. Jadi makin sukak sama perawatan emeron.

    1. Iyass
      Makin komplit produknya
      Sukak deh

  21. Nurhilmiyah says:

    Menjahit baju yg sobek pas banget tuh Mbak,, misalnya kancing baju kita udah mau copot, nah kebetulan tuh di masa² kaya gini diperhatiin bajunya satu persatu. Nice Mbak

    1. Iya betul Mbak Hilmi
      Barangkali banyak kancing baju yang kendor yah hehe

  22. Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan selama masa seperti sekarang yang bertepatan dengan bulan Ramadhan ya kak

    1. Betul Mbak Fenni
      Tetap lakukan hal-hal positif apa pun kondisinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *