CATATAN RAMADAN

Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan Bersama WrC

Bulan Ramadan adalah bulan kemuliaan di mana keberkahan Allah curahkan atasnya. Ampunan Allah buka seluas-luasnya dan amal kebaikan Allah berikan pahala yang berlipat ganda. Di bulan ini semua muslim berlomba-lomba beribadah dan berbuat kebaikan. Berharap Allah merida dan memberikan ampunan kepada kita.

Di grup alumni WrC (Writing Challenge) yang disebut WrClicious, ada yang berbeda semenjak beberapa waktu menjelang bulan Ramadan tiba. Selain semarak kegembiraan menyambut bulan suci, juga ada semangat serta keceriaan dari para Sahabat WrC, karena akan ada program khusus untuk para alumni yaitu, Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan Bersama WrC.

Seperti apa sih, programnya? Apa yang menarik dan membuat para alumni antusias untuk mengikuti? Yuk, kita simak keseruannya!

 

Berbagi kebaikan di media sosial

Berbagi kebaikan bisa dalam bentuk apa saja dan di mana saja. Bagi kita yang keseharian berkutat dengan dunia online, baik pebisnis ataupun penulis, berbagi kebaikan salah satunya bisa dilakukan di media sosial.

Ramadan tahun ini sedikit berbeda karena kita sedang berada pada masa pandemi virus Korona. Pembatasan wilayah diterapkan. Sekolah, kampu, dan lembaga pendidikan pun diliburkan. Sebagian pegawai harus melakukan Work from home. Kegiatan di luar rumah pun dibatasi demi memutus rantai penyebaran virus Korona.

Tidak bisa dipungkiri kalau tugas seorang Ibu bertambah berat dengan keadaan ini. Di mana Ibu harus mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah. Melakukan berbagai kegiatan via online, yang mana tidak semua orang mampu memahami perkembangan teknologi terkini.

Belum lagi anak-anak yang selalu lapar dan ingin makan karena terus berada di rumah. Ibu jadi sering masak dan harus memutar otak untuk membuat cemilan yang disukai anak-anak. Terbayang bagaimana repot dan pusingnya para Ibu setiap harinya.

Lalu apa yang bisa kita bantu?

Kita bisa berbagi tips. Misalnya berbagi tips agar para Ibu lebih melek teknologi. Tips membuat prakarya dengan anak. Tips membuat permainan dari bahan dan alat sederhana untuk anak-anak, dan banyak lagi.

Bisa juga kita berbagi resep makanan, cemilan simple tapi lezat, dan lainnya. Berbagi quotes motivasi, ayat Alquran sebagai pengingat diri, atau bahkan sekedar humor ringan yang menghibur. Semudah itu lho berbagi di media sosial. Semangat inilah yang ingin dibawa WrC dalam program ini.

 

 

Ajang reuni para Alumni

WrC yang pertama kali didirikan pada Oktober 2017, sampai saat ini telah melewati 19 batch atau masa pembelajaran. Di bulan Ramadan ini WrC sengaja meliburkan kegiatan wrC regular dan InsyaAllah akan memulainya lagi sehabis Idulfitri nanti.

Dua tahun lebih WrC membersamai para Sahabat WrC dalam belajar dan mengoptimalkan media sosialnya. Ribuan peserta telah menjadi alumni. Ada Sahabat WrC yang terus mengikuti kegiatan di setiap batchnya, ada pula yang rehat sejanak karena berbagai factor kesibukan.

Maka program Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan Bersama WrC ini kemudian jadi ajang reuni dan temu kangen antara Sahabat WrC yang lama tak bersua di dunia maya.

 

 

Icip-icip kurikulum baru

Seperti yang tadi saya sampaikan bahwa WrC telah melalui 19 batch selama 2 tahun ini. Sejak batch 16, WrC mendeklarasikan diri sebagai WrC transformasi. Banyak hal yang berubah, terutama di bidang kurikulum dan materi pembelajaran.

Jika sebelumnya hanya ada beberapa kelas dengan materi yang tidak terlalu banyak, maka sejak batch 16 WrC mulai memperbaharui kurikulumnya menjadi lebih up date sesuai dengan perkembangan teknologi dan media sosial terkini.

Materi kegiatannya pun makin padat dan beragam. Kelas-kelas baru dibuka untuk mengakomodir segala kebutuhan Sahabat WrC baik yang berbisnis ataupun belajar menulis. Makin komplit, makin segar, dan makin keren.

Dengan banyaknya perubahan dan hal-hal baru, sebagian Sahabat WrC merasa sedikit kaget dan ngos-ngosan. Tapi anehnya mereka ketagihan dan tidak mau ketinggalan kelas WrC, karena di setiap batchnya selalu ada hal baru dan menarik yang membuat SahabatWrC betah untuk mengikuti.

Itulah kenapa di program Ramadan ini juga sekaligus jadi sarana icip-icip kurikulum WrC terbaru bagi Sahabat WrC yang telah rehat cukup lama dan belum mengikuti perkembangan WrC terbaru. Sehingga nantinya Sahabat WrC bisa memilih kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

Kebaikan itu menular

Sejak tercetusnya ide mengenai program ini, semuanya bergulir cepat dan membesar seperti bola salju. Secara spontan, beberapa pengurus ingin menjadi sponsor dan memberikan hadiah untuk peserta. Maka list hadiah dari sponsor pun terus memanjang setiap harinya. Bukan hanya dari pengurus, bahkan Sahabat WrC pun sangat antusias untuk ikut serta menjadi sponsor.

Puluhan produk, vocher pulsa, vocher diskon, siap diberikan kepada peserta-peserta yang berhak menerimanya sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Berbagi itu memang menyenangkan dan kebaikan itu betulan bisa menular. MasyaAllah, saya haru dibuatnya. Semoga kebaikan Sahatab semuanya Allah balas dengan pahala yang terbaik dari sisiNya.

 

Semoga di bulan Ramadan ini, Allah mengampuni dosa-dosa kita semua dan memberikah berkah rahmatNya yang tak terhingga. Semoga virus Korona segera musnah dari bumi ini, sehingga kita bisa beribadah dan beramal saleh dengan lebih leluasa.

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

39 Komentar

  1. Aamiin. Semoga hati kita selalu dilembutkan Tuhan ya untuk berbagi ke sesama. Pun semoga banyak orang di luar sana yang ikut ketularan untuk berbuat baik 🙂
    Tetap stay safe mbak

    1. Aamiin ya robbal’alamiin 😇🤲
      Stay safe juga Mbak Ella

  2. Wah, saya dari dulu maju mundur terus mau masuk ke grup WRC. Merasa takut untuk tidak bisa memenuhi tantangannya. Semoga lain kali, bismillah mau coba ikutan. Terima kasih untuk tipsnya mba.

    1. Yukk coba ikutan, Mbak Litha
      Siapa tahu nanti malah ketagihan hehe

  3. Wah semoga menjadi keberkahan tersendiri Mbak, Bulan Ramadhan ini sangat pas bila ingin Berbagi pasti akan di lipat gandakan Ganjaran atau Pahalanya 🙂 apalagi di saat Pandemi ini banyak orang yang membutuhkan 🙂

    1. Ita says:

      Saya masih newbie banget di dunia tulis menulis ini jadi saya baru tahu ada program WRC. Bagus sekali programnya, menyebar kebaikan, buat produktif, terutama buat ibu-Ibu suka nulis. Jadi penasaran pengin ikut. Terima kasih infonya, Mbak😊

      1. Feel free kontak saya ya Mbak kalau mau tanya-tanya soal WrC lebih lanjut hehe

      2. Wah program Ramadhan yang bagus palagi lagi Corona begini buat ibu2 yang senang menulis. Lanjutkan mba.

        1. Alhamdulillah
          Iya Mbak
          Biar tetap berkegiatan positif juga selama di rumah

    2. Aamiin ya robbal’alamiin

      Iyass
      Berbagi kebaikan sekecil apa pun yang bisa kita lakukan
      Semoga bermanfaat

  4. wah ternyata udah berdiri dari Oktober 2017 ya WrC ini, dan ada batch-batchnya gitu ya ternyata, jadi pengen gabung groupnya, bagaimana caranya mba?
    btw setuju banget mba kebaikan yang kita sebar itu memang bisa menular, dan mari terus sebarkan kebaikan agar semakin banyak orang berbuat baik ya mba, selamat menjalankan ibadah puasa mba

    1. Boleh saya bantu
      Kontak ke wa saya aja ya Mbak
      085212587843

      Selamat menjalankan ibadah puasa juga buat Mbak Mei

  5. Saya belum bergabung dengan WRC, keburu rempong ngurus yang lain 🙁 Inilah enaknya hidup di zaman sekarang, bisa belajar dari mana pun dan waktunya lebih fleksibel juga. Sukses terus untuk WRC yaa 🙂

    1. Mbak Muyas sih sudah segudang kesibukannya hihi
      Iyas betul
      Enaknya zaman sekarang bisa belajar dari mana pun

  6. Aku juga alumni WRC, kalo ga salah batch 8 atau 9 gitu ya lupa hehe. Pengen banget bisa gabung lagi, lumayan melatih kita buat konsisten nulis setiap hari, walaupun berasa dikejar-kejar hehe, tapi jadi lebih produktif dan belajar manage waktu juga

  7. saya baru dengar ada komunitas RWC, challenge menulis ya,,,semoga saya bisa ngikut

  8. Aku baru tahu WRC mba. Kayanya daging banget ya aktivitasnya. Sukses terus menulis bareng WRC nya ya mbaa.

  9. Aamiin kak. senangnya memiliki komunitas yang membuat nyaman dan berkembang y kak ^^ semangat menginspirasi dan sll menebar kebaikan y kak.

  10. Denik says:

    Wah, baru tahu. Keren juga ini. Semangat dan sukses ya Mba. Setuju sama kalimat terakhirnya. Kebaikan itu menular.

  11. Kemarin aku bolong nyetatus. Kelupaan karena ngejar Deadline blog. Hiks… Rugi deh gak ikutan berbagi sama WrC. Manfaatnya banyak banget. Salah satunya berasa dekat karena sering sapa di medsos antar alumni dan anggota.

  12. wah… semoga terus menebar kebaikan ya mbak. stay save 🙂

  13. Bener bangettt, kebaikan itu menular. Jadi inget film Pay If Forward, yang menyentuh banget kisahnyaaa, dan bertabur contoh-contoh kebaikan yang nular dari satu orang ke banyakkkk orang

  14. Saya baru kenal namanya WRC Mbak. Solid keliatannya ya Mbak. Bisa saling berbagi. Apalagi saat Ramadan. Semoga selalu berkah dan dapat menularkan kebaikannya pada orang lain.. salam utk semua anggotanya ya Mbak..

  15. Aamiin…
    Baru dengar namanya WRC.
    Semoga dgn adanya Corona ini membuat manusia lbh peduli lagi terhadap sesama.

  16. Masya Allah, berbagi lewat tulisan memang mantap. Banyak orang yang akan terhibur oleh tulisan kita. Pokoke lakukan apa yang bisa dilakukan untuk negeri yang sedang Pandemi ini.

  17. Barokallah mbak sama yang sedang kulakukan berusaha aktif terus menulis selama sebulan penuh ini aammiin yra

  18. Cakep nih, infografisnya bagus. Banyak acara seru, ya, di Wrc. Semoga jadi berkah, ya, semua aktivitasnya

  19. Mbak, aku kok jadi kepo sama WrC ini sih. Penasaran aku tuh. Tapi belum berani ikut tantangan-tantangan gitu. Punya bayi jadi ritme nulisnya jauh lebih selow dari yang dulu. Tapi aku penasaraaaaan…

  20. Baru tau soal WRC. Makin ke depan makin keren. Selamat menjalankan ibadah puasa ya mba

  21. Yang namanya berbagi memang banyak caranya ya mbak, termasuk berbagi via media sosial ini. Semoga di luar sana banyak orang yang juga terinspirasi untuk membantu . Toh membantu nggak harus nunggu kaya dulu

  22. Wah… Semoga terus bisa istiqomah membantu.. Jadi mau coba join. Makasih sharingnya mbak

  23. Wahhh, kegiatannya bermanfaat banget nih. Apalagi niatnya untuk berbagi, makin berkah aja nih pastinya. Semangaaat

  24. untuk melakukan kebaikan, yg aku rasakan itu hati kita menjadi lebih lega dan ada rasa syukur yg teramat, apalagi d bulan ramadhan kali ini yg terasa lebih syahdu

  25. Biasanya ibu yang mendapingin anaknya sekolah di rumah butuh ide-ide baru nih…
    Ternyata kita pun bisa menyumbang ide belajar untuk sesama ibu-ibu…
    Ragam pembelajaran jadi lebih kreatif dan banyak macamnya

  26. Aamiin semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan. Wahhh…… kegiatannya sangat menginspirasi nih

    1. Aamiin
      Alhamdulillah hatur nuhun

  27. Program wrc keren banget ya mbak. Saya juga ada di sana. Tapi belum bisa aktif. Hehehe.. Masih menyimak. Tapi seriusan aktif semua di sana. Nggak Heran kalau membernya berkualitas nih. Kayak mbak Ratu kemala ini.

    1. Wahh jadi terbang saya dibilang berkualitas hihi
      Saya masih banyak belajar sama teman-teman yg lebih senior dan banyak pengalaman

  28. Ramadhan betul-betul bulan penuh berkah, ya. Setiap orang nggak mau melewatkan momen ini. Semua berlomba-lomba berbuat kebajikan. Waktu 30 hari itu jika dijalani dengan penuh rasa syukur, rasanya berlalu begitu cepat. Tentu nggak akan ada yang mau menyia-nyiakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *