ARTIKEL

Makhluk Kecil Yang Menggemparkan Dunia. Sebetulnya Apa Itu Covid-19?

 

 

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Covid-19 atau virus Korona. Beberapa bulan belakangan ini, berita mengenai virus Korona memang begitu merebak dan menelusup di setiap sendi kehidupan kita, baik dunia daring maupun laring.

Di televisi, tak henti-hentinya setiap stasiun memberitakan segala sesuatunya mengenai virus ini. Di media sosial, para penggunanya turut serta membagikan informasi apa pun yang mereka dapatkan. Grup-grup perpesanan, mulai dari komunitas, alumni sekolah, keluarga besar, bahkan sekadar grup rumpi ibu-ibu pun tak kalah hebohnya membahas virus ini.

Perhatian dunia tengah lekat mengamati si virus yang penyebarannya luar biasa cepat ini. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, virus ini telah menyebar ke ratusan negara. Tidak terkecuali negara kita tercinta, Indonesia. Beberapa daerah yang sudah dinyatakan zona merah, keadaan menjadi begitu mencekam dan menakutkan. Kesedihan semakin bertambah ketika korban mulai berjatuhan.

 

Lantas sebenarnya apa itu Covid-19 atau Virus Korona ini?

 

 

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai Covid-19 atau Virus Korona, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu mengenai Virus.

Apa itu virus?

Seperti yang dijelaskan dalam halaman SehatQ mengenai Apa itu virus?

Virus adalah organisme mikroskopik (super kecil) yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan cenderung bersifat parasit. Hampir semua ekosistem di dunia mengandung virus dan dianggap sebagai organisme yang paling banyak di planet bumi.

Virus dapat menginfeksi makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, jamur, bahkan bakteri. Infeksi virus tersebut banyak menimbulkan akibat yang fatal bagi makhluk yang diinfeksinya. Virus juga tidak bisa bereplikasi (memperbanyak diri) tanpa menumpangi organisme lain. Oleh alasan inilah, virus diklasifikan sebagai organisme yang bersifat parasit atau merugikan.

 

Lalu apa itu virus Korona?

Dilansir dari laman WHO mengenai Virus Korona

Coronavirus atau virus Korona adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis Coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran napas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

 

Apa itu COVID-19?

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus Korona yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

 

Virus Korona menjadi pandemi.

Pemerintah di berbagai negara mulai melakukan Lockdown atau karantina wilayah. Hal ini dilakukan guna membatasi dan memutus rantai penyebaran virus. Karena kecepatan penyebarannya yang sangat tinggi, maka sejak 1 1 Maret 2020, WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi.

Pandemi sendiri dalam KBBI berarti, wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas.

Istilah pandemi tidak digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan suatu penyakit, melainkan hanya tingkat penyebarannya saja. Dalam kasus saat ini, COVID-19 menjadi pandemi pertama yang disebabkan oleh virus Korona.

 

Meski belum ditemukan vaksin atau obat yang dapat menyembuhkan virus Korona, bukan berarti tidak ada harapan. Karena cukup banyak juga pasien positif Covid-19 yang akhirnya dinyatakan sembuh.

Dan pastinya kita bisa melakukan upaya pencegahan dengan cara-cara yang telah dianjurkan pemerintah. Tetap di rumah jika tidak ada kewajiban dan tidak harus bekerja di luar untuk mencari nafkah. Sering-sering mencuci tangan. Menggunakan masker dan jaga jarak aman dengan orang lain jika terpaksa harus keluar rumah. Serta menjaga kesehatan agar tidak mudah terinfeksi penyakit apa pun.

 

Tentu saja di atas itu semua, kita harus memohon ampun dan terus mendekatkan diri pada Allah SWT. Sebab tak ada sesuatu pun di muka bumi ini yang terjadi tanpa sepengetahuanNya. Semua yang terjadi adalah kehendakNya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan memaknai segala hal yang kita alami.

 

Semoga Allah mengangkat virus Korona dari muka bumi ini, sehingga kita bisa mengisi bulan suci Ramadan yang sudah di depan mata dengan berbagai amal ibadah tanpa ada rasa khawatir. Aamiin ya robbal’alamiin.¬†

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *