REVIEW

Review Drama Korea : SIGNAL (시그널) 2016



Apa yang akan kamu lakukan jika kamu mendapatkan transmisi atau panggilan dari masa lalu yang memberikanmu informasi mengenai sebuah kejahatan?

Inspektur Park Hae Young ( Lee Je Hoon ) dari Divisi Patroli Bukdaemun menerima sebuah transmisi melalui Walki Talkie dari seorang Detective di masa lalu yang memberikan informasi mengenai kasus-kasus kejahatan yang belum terungkap

Meskipun sulit dipercaya, tapi semua yang dikatakan Detective itu memang benar adanya
Park Hae Young memiliki kesempatan untuk merubah masa lalu dan menyelamatkan orang-orang yang tidak bersalah yang menjadi korban kejahatan




Details Drama :
Title : Signal
Hangul : 시그널
Revised Romanization : Sigeuneol
Genre : Fantasy, Kriminal & Thriller
Episode : 16
Release Date : 22 Jan – 12 Mar 2016
Showtime : Friday & Saturday at 20.30 KST
Network Broadcast : tvN
Before This Drama : Reply 1988
The Next Drama : Memory
Director : Kim Won Suk
Screen Writer : Kim Eun Hee

PEMAIN :
Main Cast
·    Kim Hyun Bin as young Hae Young
·    Ahn Eun Ho (안은호) as teen Hae Young
  • Kim Hye Soo as Cha Soo Hyun (mid 20s – late 30s, detective)
  • Jo Jin Woong as Lee Jae Han (mid 20s – mid 30s, detective)
Crime lab/investigation unit
  • Jang Hyun Sung as Kim Bum Joo (early 40s – late 50s, investigation Chief)
  • Jung Hae Kyun as Ahn Chi Soo (mid 40s – late 50s, investigation Section Chief)
  • Kim Won Hae as Kim Gye Chul (early 40s, detective)
  • Jung Han Bi as Oh Yoon Seo (mid 30s, law scholar of NFS)
  • Lee Yoo Joon (이유준) as Jung Hun Gi (30s, forensic evidence agents)
  • Kim Min Gyu as Hwang Ui Kyung (early 20s, officer)
Others
  • Lee Shi Ah as Kim Won Kyung (Lee Jae Han’s first love)
  • Lee Moon Soo (이문수) as Lee Jae Han’s father
  • Im Hwa Young as Cha Soo Min (Cha Soo Hyun’s younger sister)



SINOPSIS :

Berawal dari penemuan sebuah Walki Talkie lawas oleh Letnan Park Hae Young disebuah mobil Box yang terparkir dihalaman kantor polisi. Walki Talkie tersebut terhubung dengan seorang Detective dimasa lalu yang memberikan informasi keberadaan seorang tersangka dari kasus penculikan dan pembunuhan yang terjadi pada 15 tahun silam, yang hingga saat ini belum juga diketemukan.

Berangkat dari informasi tersebut, Letnan Park akhirnya berhasil menemukan sebuah kerangka manusia, yang setelah diperiksa oleh Tim Forensik ternyata benar bahwa kerangka tersebut milik tersangka kasus penculikan dan pembunuhan pada tahun 2000.

Dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum masa undang-undang pembatasan waktu kasus tersebut berakhir, Detective Cha Soo Hyun beserta Tim dan dibantu oleh Letnan Park dengan kemampuan Profiling nya, berhasil menemukan pelaku sesungguhnya dari kasus penculikan dan pembunuhan tersebut.

Keberhasilan mereka menemukan pelaku sesungguhnya didetik-detik terakhir saat masa pembatasan kasus tersebut hampir berakhir, memicu gelombang public yang menuntut adanya Revisi mengenai undang-undang pembatasan waktu sebuah kasus. 

Akhirnya pemerintah menghapus undang-undang pembatasan untuk beberapa kasus kejahatan. Dan untuk menunjang hal itu, Kepolisisan membentuk Tim khusus untuk menangani Kasus Dingin. Yaitu kasus-kasus kejahatan yang hingga kini belum dapat terselesaikan dan belum diketahui siapa pelakunya.

Detective Cha Soo Hyun menjadi ketua Tim tersebut. Yang beranggotakan Detective Kim Gye Chul, Ahli Forensik Jung Hun Gi dan Letnan Park Hae Young yang bertugas sebagai Analis criminal dan Profiler.

Walki Talkie yang ditemukan Oleh Letnan Park terus menghubungkannya dengan seorang Detective dimasa lalu yang bernama Lee Jae Han ( Jo Jin Woong ) . Awalnya mereka tidak menyadari jika mereka saling terhubung dengan seseorang yang hidup di masa yang berbeda.

Transmisi awal terjaadi saat Detective Lee Jae Han hidup ditahun 2000 dan Letnan Park Hae Young ditahun 2015. Transmisi selanjutnya terjadi saat Detective Lee hidup ditahun 1989 dan Letnan Park masih ditahun 2015. Dan seterusnya sesuai dengan kasus yang mereka tangani bersama.

Terhubungnya transmisi itu tidak bisa ditentukan dan tidak bisa dimulai oleh siapapun. Hanya terhubung begitu saja. Tapi transmisi itu memiliki pola yang sama. Yaitu terhubung setiap jam 11.23 malam.

Melalui transmisi tersebut, kedua Polisi yang hidup di masa yang berbeda tersebut berkolaborasi dan saling membantu dalam memecahkan kasus-kasus dingin yang sebelumnya tidak pernah terselesaikan.

Berbekal informasi yang dimiliki, kedua Polisi tersebut berusaha menyelamatkan korban-korban tidak bersalah dan mengungkap pelaku sesungguhnya dari kasus-kasus tersebut. Baik menangkapnya dimasa lalu atau pun dimasa kini.

Letnan Park Juga terus berupaya mengungkap keberadaan Detective Lee Jae Han yang menghilang sejak 15 tahun silam. Dan berusaha menyelamatkan Detective Lee dari kematian.





REVIEW

Drama Signal merupakan Remake dari Film “ The Memories of Murder “ pada tahun 2003.

Detective dimasa lalu dan seorang Profiler dimasa kini yang terhubung melalui sebuah Transmisi Walki Talkie menurut saya adalah sebuah ide yang sangat unik dan menarik. Tidak bisa dikatakan Time traveler, karena Detective tersebut tidak mengalami perjalanan waktu ke masa depan. Mereka hanya saling terhubung.

Dan hal menarik lainnya dari Drama ini adalah karena Drama ini diangkat dari kisah nyata Kasus Pembunuhan berantai yang terjadi di Hwaseong, Provinsi Geonggi pada tahun 1989 – 1991. Dimana 10 wanita di perkosa dan di bunuh dalam radius 2km. Yang hingga saat ini belum diketahui pelakunya. Dan kasus tersebut masih menjadi kasus yang sangat terkenal di Korea.

Diawal episode, kita disajikan drama pengungkapan kasus masa lalu yang diburu waktu undang-undang pembatasan yang hampir berakhir. Dengan cerdas dan cepat, kasus tersebut akhirnya bisa diungkap dalam waktu kurang dari 24 jam. Pembukaan yang sangat menarik dan memukau, yang membuat saya kecanduan akut dan tidak bisa berhenti untuk menyaksikan Drama Signal ini.

Episode-episode selanjutnya menyajikan pengungkapan kasus-kasus dingin dengan cara yang sangat brilian, mengingat kasus-kasus dingin tersebut sudah berusia puluhan tahun. Dimana tekhnologi belum secanggih saat ini, sehingga pendataan dan penyimpanan alat bukti pun masih sangat minim. Tapi dengan keterampilan yang dimiliki masing-masing anggota Tim kasus Dingin, juga bantuan informasi yang didapat melalui Transmisi dengan Detective Lee yang hidup dimasa lalu, satu per satu kasus-kasus itupun bisa terselesaikan.

Dan saya masih selalu kagum dengan sosok Profiler disebuah Drama korea. Cara mereka memprofiling sebuah kasus dan pelaku kejahatan benar-benar keren dan mempesona buat saya hehe

Sampai episode akhir, saya masih belum bisa menebak, sebenarnya mau dibawa kemana ending Drama ini. Karena setiap episodenya selalu menyajikan kejutan-kejutan yang tak terduga oleh penonton. Bikin excited banget nontonnya. Dan gak sabar menanti kelanjutan ceritanya.

Skenarionya ditulis dengan sangat cerdas oleh Kim Eun Hee yang juga menulis Drama “ Sign, Phantom dan Three Days “ yang tak kalah keren. Dengan Genre perpaduan criminal dan fantasi, membuatnya sangat unik dan layak sekali untuk ditonton.

Walaupun saya gregetan banget dengan endingnya. Tapi secara keseluruhan, Drama ini sangat bagus sekali. Serta banyak pesan moral yang terkandung didalamnya. Juga ada kisah cinta dan persahabatan yang bikin nangis Bombay. Bahkan beberapa pelaku kejahatanpun memiliki latar belakang kehidupan keluarga yang bikin trenyuh.

Ini Genre favorit saya banget. Selain menghibur dan banyak pesan moralnya. Drama model begini juga sekaligus merupakan nutrisi yang baik buat otak. Karena bisa menambah pengetahuan dan mengasah kecerdasan hehe


Buat pecinta Drama korea, SIGNAL ini recommended banget buat ditonton. 


Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *