ARTIKEL

Serunya Kelas Wrc Scale up Website Bersama Founder Takaitu.id

 

Teman-teman yang sedang membaca tulisan ini, perlu diketahui bahwa website dalam bentuk blog pribadi saya ini adalah hasil dari saya belajar di kelas WrC Scale up Website. Terhitung sejak 06 April 2020, saya bersama peserta lainnya belajar membuat dan mengoperasikan website di kelas WrC Scale up website bersama Uda Endo Putra yang merupakan CEO/Founder Takaitu.id dan CEO/Founder Sahabat Hosting.

 

Mungkin sebagian ada yang masih bingung, Website itu apa sih?

Website adalah halaman yang berisikan konten baik itu tulisan, gambar dan video yang bisa diakses secara online (tentunya sesuai aturan privasi). Berbeda dengan blog, website mempunyai fitur yang bisa dibilang lebih lengkap dan kompeks.

Untuk lebih detilnya, apa perbedaan dengan blog, dan sebagainya, tentunya akan dipelajari di dalam kelas.

 

Sedangkan kelas Scale Up adalah kelas khusus dari WrC (Writing Challenge) di mana  peserta akan belajar mengenai sebuah tema materi yang dimentori langsung oleh tokoh-tokoh mumpuni di bidangnya. Sistem belajarnya yang lebih privat dan intens, membuat kelas Scale up menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kita yang mau mendalami dan belajar lebih banyak mengenai materi tertentu.

 

Sebelum saya bercerita lebih lanjut, ada baiknya kita berkenalan dengan Mentor di kelas WrC Scale up Web ini, yaitu Uda Endo Putra.

 

Endo Putra (lahir di Padang, 17 Maret 1994) adalah seorang pengusaha Indonesia yang juga merupakan Founder dan CEO dari Sahabat Hosting Indonesia. Endo juga mendirikan sebuah media informasi User Generated Content (UGC) yang diberi nama Takaitu Media.

 

 

Mengapa saya memilih mengikuti kelas Scale up web?

Memiliki website pribadi, baik untuk blog ataupun toko online saat ini merupakan sebuah kebutuhan yang tentunya akan sangat menunjang segala kegiatan kita di ranah online. Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan sebagai pebisnis maupun penulis, jika kita memiliki website pribadi.

Saya sendiri sudah sejak lama berkeinginan untuk memiliki blog pribadi dengan Top Level Domain. Alasan utamanya tentu saja sebagai media menyimpan tulisan-tulisan saya yang semoga dibaca banyak orang serta memberikan manfaat bagi yang membaca. Alasan lainnya adalah biar keren kalau memiliki blog dengan akhiran .com Hehe … Untuk alasan terakhir ini, jangan dicontoh yah. Sungguh tidak baik.

Maka ketika WrC mengumumkan ada kelas Scale up Web dan juga nantinya mendapatkan domain hosting gratis, tentu saja tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar. Karena saya ingin belajar lebih dalam mengenai cara membuat website dan tentunya saya ingin memiliki domain sendiri.

Dan yang paling membahagiakan adalah nominal pendaftaran ini jauh lebih hemat dibandingkan kelas serupa di luar WrC. Duh … kaum wanita paling suka nih mendengar kata hemat. Betul apa betul? Hehehe …

 

 

Apa saja yang dipelajari di kelas Scale up Web ini?

Kelas yang berlangsung selama kurang lebih 2 minggu, namun dengan masa konsultasi tak terbatas ini, mempelajari beberapa hal berikut :

  1. Pengenalan Website, Domain, dan Hosting
  2. Registrasi Hosting dan Domain
  3. Instlasi WordPress
  4. Mendesain tampilan Website
  5. Membuat Kategori, Halaman, dan Menu
  6. Pengelolaan dan Launching Website
  7. Menghasilkan uang lewat Website

 

Siapa yang langsung berbinar matanya begitu membaca poin 7? Saya banget itu sih. Hihihi …

Walaupun poin yang dicantumkan cuma 7, tapi aslinya kita belajar banyak sekali. Apalagi hampir seluruhnya adalah dalam bentuk praktik. Saya pribadi jadi lebih melek mengenai website dan cara mengoperasikannya.

 

Tapi apakah teman-teman agak mengernyitkan dahi membaca beberapa istilah yang asing di telinga?

Jangan sedih, Esmeralda.

Uda Endo, sosok muda berbakat dan berprestasi ini juga sangat sabar serta telaten dalam mengajar. Apalagi kita-kita yang masih awam ini memang terkadang terasa berat mempelajari dan mempraktikkan hal-hal baru. Namun karena Mentor yang baik, menyampaikan materi dengan gaya yang mudah dipahami, serta mau bersabar menuntun langkah demi langkah dalam praktik, kami para peserta jadi makin semangat dalam belajar. Bahkan sampai tadi subuh sehabis sahur, Uda Endo masih bersedia melayani pertanyaan-pertanyaan saya. Hehe …

 

Dalam praktiknya, kami terbagi lagi menjadi 2 kelas. Yang pertama untuk membuat blog pribadi, dan yang kedua membuat toko online. Karena memang langkah selanjutnya akan berbeda untuk kedua jenis website ini. Saya sendiri masuk ke dalam kelas blog pribadi, dan hasilnya seperti yang sedang teman-teman lihat saat ini.  Memang masih butuh banyak perbaikan dan dipercantik sana-sini, tapi saya senang sekali sudah bisa melahirkan blog ini yang wasilahnya melalui kelas WrC Scale up Website bersama Uda Endo.

 

Masih banyak yang harus saya pelajari dan praktikkan. Dan tentu saja setelah ini saya harus lebih rajin menulis dan merawat ‘rumah’ bagi tulisan-tulisan saya ini. Semoga WrC terus mengadakan kelas-kelas berkualitas yang bermanfaat untuk para pesertanya. Semoga para mentor juga semakin sukses dan tidak lelah berbagi ilmunya kepada para pemula. Aamiin ya robbal’alamiin.

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

6 Komentar

  1. Wah, namanya Wrc Scale Up, ya? Kalau dulu aku belajar sama Uda Endo di Traning Membuat Website. Setuju, Uda Endo orangnya sangat sabar. Meskipun belajar jarak jauh, tapi aku bersyukur banget bisa belajar darinya. Anak yang muda yang hebat. Blog-ku tuh umurnya udah setara sama anak masuk SD loh, tapi baru saat belajar sama Uda akhirnya aku paham cara membuat menu dan kategori itu gimana, hahaha …

    Semangat terus menulisnya ya, Mbak. Yuk, kita lari bareng …

  2. Oh baru tahu namanya Wrc scale up lho…
    Saya pas belajar ga tau namanya. Pokoknya pengen belajar bikin website. Udah itu aja sih. Hehehe.

    Dan benar memang, Uda Endo nih sabar bener ngadepin emak2 gaptek semacam saya. Hehehe.

  3. Saya malah baru tahu nama tempat belajarnya WRC scake up

  4. Wkwkwk.. . Wajahnya nggak asing si mentor. Tapi saya ssngat setuju dengan ulasannya mbak Ratu Kemala. Uda Endo memang sabar. Telaten juga orangnya. Salut lah. Bersyukur bisa jadi partner beliau di sahabat hosting indonesia.

  5. Kalau saya belajar pribadi saja mbak. Dengan uda Endo juga. Karena saya speednya sudah lambat, kalau gabung dengan para Milenial saya nggak sanggup ngejar kecepatan mereka. Tapi karena alasan klise rumah, blog saya jarang dibersihin semaknya. Tidak seperti punya mbak Ratu, atau teman-teman lain ketje badai semuanya. Tolong diaharin ya mbak supaya blognya secakep punya mbak Ratu. Terima kasih 🤗

  6. wah, jauh juga terbangnya mas mentor, ya? singgah juga di WrC yang membernya banyak. makin banyak penggemarnya juga deh. so, makin banyak ilmu yang dibagi. btw selamat atas blog barunya ya mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *